Sabtu, 16 Juli 2011

SISTEM INFORMASI SEBAGAI PENDUKUNG PROSES MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI SEBAGAI PENDUKUNG PROSES MANAJEMEN
by Reza Novandri

ž  Keberhasilan organisasi pada hakekatnya ditentukan oleh penggabungan yang tepat antara kepemimpinan yang efektif dan pelaksanaan kegiatan operasional yang efisien
ž  Kepemimpinan yang efektif tercermin pada dua kegiatan utama :
          Memainkan peranan yang menjadi tanggungjawabnya selaku unsur pimpinan dalam organisasi
          Kemahiran memimpin organisasi dalam menempuh seluruh proses manajerial yang harus dilaksanakan dengan baik

Tiga Kategori Peranan Manajemen
ž  Peran yang bersifat interpersonal
          Dimaksudkan untuk menumbuhsuburkan iklim solidaritas dan kebersamaan dalam organsasi
          Dengan bentuk-betuk :
   Peranan yang bersifat simbolis
   Peranan selaku pemimpin
   Peranan sebagai penghubung
ž  Peranan yang bersifat simbolis
   Eksistensi suatu organisasi sering diidentikan dengan orang-orang yang menduduki jabatan manajemen puncak dalam organisasi tersebut
   Sehingga diperlukan kesdian manajemen untuk terlibat langsung dalam berbagai kegiatan sosial dan seremonial
   Kegiatan ini juga sangat penting sebagai pencitraan positif bagi oraganisasi

ž  Peranan selaku pimpinan
   Jika kepemimpinan didefenisikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi prilaku orang lain, sehingga orang lain bersdia melakukan hal-hal yang diinginkan oleh pemimpin meskipun hal tessebut secara pribadi tidak disenanginya
   Hal ini jelas bahwa kemampuan memimpn yang efektif akan turut menentukan keberhasila/kegagalan organisasi
   Karena dengan kepemimpinan itulah orang dibina, diarahkan dan diberi motivasi yang tepat

Kepemimpinan yang efektif juga menyangkut gaya kepemimpinan yang situasional, artinya bahwa dalam menerapkan kepemimpinannya seseorang manajer menyesuaikan gaya tersebut dengan tingkat kematangan mental, profesionl dan teknis bawahan meskipun gaya kepemimpinan demokratisla yang paling didambakan

ž  Peranan sebagai penghubung
   Terutama dalam artian eksternal, yaitu peranan selaku wakil organisasi dalam menghadapi berbagai pihak di luar organisasi yang mempunyai kemitraan/hubungan kerja dengan organisasi yang bersangkutan
   Salah satu bentuk hubungan ini adalah bahwa manajemen menerima informas dari pihak luar dan sebaliknya memberikan informasi kepada pihak luar tersebut tentang organisasi yang dipimpinnya

ž  Peranan Informasional
   Maksudnya bahwa dalam kedudukannya selaku unsur pimpinan dalam orgnisasi manajemen menjadi pemantau arus informasi dalam organisasi, disamping peranan selaku penerima dan pembagi informasi
   Sebagai pemantau arus informasi manajemen berupaya untuk menjamin bahwa informasi yang diterima segera sampai pada satuan kerja yang memerlukannya dan sebaliknya arus informasi keluar berjalan lancar dan diterima oleh pihak luar yang memerlukannya dalam waktu yang sesingkatnya
   Tetapi tidak semua informasi itu merupakan informasi yang valid, oleh sebab itu diperlukan proses penyeleksian informasi

ž  Peranan Selaku Pengambil Keputusan
   Para manajer dalam suatu organisasi berperan selaku pengambil keputusan, baik yang sifatnya strategis, fungsional dan teknis operasional
   Peranan ini timbul karena manajemen memiliki wewenang untuk bertindak selaku :
o   (a) wirausawana,
o   (b) peredam ketidaktenangan,
o   (c) penentu alokasi sarana, prasarana, sumber daya manusia dan dana,
o   (d) selaku perunding

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts