SISTEM INFORMASI SEBAGAI PENDUKUNG PROSES MANAJEMEN
by Reza Novandri
Keberhasilan organisasi pada hakekatnya ditentukan oleh penggabungan yang tepat antara kepemimpinan yang efektif dan pelaksanaan kegiatan operasional yang efisien
Kepemimpinan yang efektif tercermin pada dua kegiatan utama :
• Memainkan peranan yang menjadi tanggungjawabnya selaku unsur pimpinan dalam organisasi
• Kemahiran memimpin organisasi dalam menempuh seluruh proses manajerial yang harus dilaksanakan dengan baik
Tiga Kategori Peranan Manajemen
Peran yang bersifat interpersonal
• Dimaksudkan untuk menumbuhsuburkan iklim solidaritas dan kebersamaan dalam organsasi
• Dengan bentuk-betuk :
Peranan yang bersifat simbolis
Peranan selaku pemimpin
Peranan sebagai penghubung
Peranan yang bersifat simbolis
Eksistensi suatu organisasi sering diidentikan dengan orang-orang yang menduduki jabatan manajemen puncak dalam organisasi tersebut
Sehingga diperlukan kesdian manajemen untuk terlibat langsung dalam berbagai kegiatan sosial dan seremonial
Kegiatan ini juga sangat penting sebagai pencitraan positif bagi oraganisasi
Peranan selaku pimpinan
Jika kepemimpinan didefenisikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi prilaku orang lain, sehingga orang lain bersdia melakukan hal-hal yang diinginkan oleh pemimpin meskipun hal tessebut secara pribadi tidak disenanginya
Hal ini jelas bahwa kemampuan memimpn yang efektif akan turut menentukan keberhasila/kegagalan organisasi
Karena dengan kepemimpinan itulah orang dibina, diarahkan dan diberi motivasi yang tepat
Kepemimpinan yang efektif juga menyangkut gaya kepemimpinan yang situasional, artinya bahwa dalam menerapkan kepemimpinannya seseorang manajer menyesuaikan gaya tersebut dengan tingkat kematangan mental, profesionl dan teknis bawahan meskipun gaya kepemimpinan demokratisla yang paling didambakan
Peranan sebagai penghubung
Terutama dalam artian eksternal, yaitu peranan selaku wakil organisasi dalam menghadapi berbagai pihak di luar organisasi yang mempunyai kemitraan/hubungan kerja dengan organisasi yang bersangkutan
Salah satu bentuk hubungan ini adalah bahwa manajemen menerima informas dari pihak luar dan sebaliknya memberikan informasi kepada pihak luar tersebut tentang organisasi yang dipimpinnya
Peranan Informasional
Maksudnya bahwa dalam kedudukannya selaku unsur pimpinan dalam orgnisasi manajemen menjadi pemantau arus informasi dalam organisasi, disamping peranan selaku penerima dan pembagi informasi
Sebagai pemantau arus informasi manajemen berupaya untuk menjamin bahwa informasi yang diterima segera sampai pada satuan kerja yang memerlukannya dan sebaliknya arus informasi keluar berjalan lancar dan diterima oleh pihak luar yang memerlukannya dalam waktu yang sesingkatnya
Tetapi tidak semua informasi itu merupakan informasi yang valid, oleh sebab itu diperlukan proses penyeleksian informasi
Peranan Selaku Pengambil Keputusan
Para manajer dalam suatu organisasi berperan selaku pengambil keputusan, baik yang sifatnya strategis, fungsional dan teknis operasional
Peranan ini timbul karena manajemen memiliki wewenang untuk bertindak selaku :
o (a) wirausawana,
o (b) peredam ketidaktenangan,
o (c) penentu alokasi sarana, prasarana, sumber daya manusia dan dana,
o (d) selaku perunding
0 komentar:
Posting Komentar