PROSES MANAJERIAL
By Reza Novandri
Organisasi apapun yang dikelola, manajemen selalu terlibat dalam serangkaian proses manajerial yang pada intinya berkisar pada :
q Penentuan tujuan dan sasaran
q Perumusan strategi
q Perencanaan
q Penentuan program kerja
q Pengorganisasian
q Penggerakan sumber daya manusia
q Pemantauan kegiatan operasional
q Pengawasan
q Penilaian
q Penciptaan dan penggunaan sistem umpan balik
Penentuan Tujuan;
} Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam penentuan tujuan :
◦ Tujuan organsasi biasanya ditentukan oleh para pendiri organisasi tersebut dan seluruh kegiatan yang diselenggarakan kemudian diarahkan kepada pencapaian tujuan tersebut
◦ Semua anggota organisasi diharapkan mau menerima tujuan tersebut sebagai sesuatu yang layak dan pantas untuk dicapai terlepas dari latar belakang, profesi prbadi, dan motivasi dari para anggota orgnisasi tersebut
◦ Tujuan dipndang sebagai sesuatu yang menjadi bintang penuntun dan sekaligus sebagai titik kulminasi seluruh kegiatan organisasi
} Tujuan akhir organisasi memiliki empat ciri :
◦ Jangkauan waktunya jauh kedepan
◦ Tujuan merupakan suatu kondisi ideal yg diharapkan akan terwujud
◦ Tujuan dinyatakan secara kualitatif
◦ Sifat tujuan akhir dirumuskan secara abstrak
Pentahapan pencapaian tujuan;
} Ciri-cirinya :
◦ Kurun waktu pencapaian tujuannya ditentukan
◦ Tidak lagi idealistik tetapi yang mungkin tercapai
◦ Dinyatakan secara kuantitatif
◦ Sasaran merupakan target yang kongkret
Perumusan Strategi;
} Ada beberapa stratifikasi strategi :
◦ Strategi akbar yang berlaku bagi seluruh organisasi
◦ Strategi induk bagi satuan-satuan usaha di dalamnya
◦ Strategi dasar bagi berbagai bidang fungsional dalam organisasi
◦ Strategi operasional bagi satuan-satuan kerja yang bertanggungjawab untuk menyelenggarakan kegiatan yang sifatnya teknis dan operasional
} Salah satu instrumen ilmiah yang umum digunakan dalam menentukan dan menetapkan startegi organissi adalah analisis SWOT
◦ Strengths (kekuatan)
◦ Weaknesses (kelemahan)
◦ Opportunities (peluang)
◦ Threats (ancaman)
Fungsi perencanaan;
} Perencanaan didefefnisikan sebagai pengambilan keputusan sekarang tentang hal-hal yang akan dilakukan dalam satu kurun waktu tertentu di masa depan
Penyusunan program kerja;
} Dengan ciri-ciri :
◦ Lebih bersifat kuantitatif
◦ Menyatakan secara jelas dan kongkret hasil yang diharapkan
◦ Standar kerja jelas
◦ Mutu hasil pekerjaan ditetapkan secara pasti
◦ Disusun sedemikian rinci sehingga dapat dijadikan pedoman dan pegangan dalam penyelenggaraan kegiatan operasional
Fungsi pengorganisasian;
} Ada beberapa fungsi :
◦ Organisasi sebagai wadah
◦ Organisasi sebagai proses
◦ Organisasi sebagai regenerasi
◦ Organisasi sebagai penyaluran bakat dan minat
Penyelenggaraan kegiatan operasional;
} Merupakan bagian yang sangat penting dari keseluruhan proses manajerial dan bahkan merupakan tes apakah organisasi berjalan di atas ‘rel’ yang benar atau tidak
Pengawasan sebagai proses manajerial;
} Dilakukan sebagai upaya untuk lebih menjamin bahwa semua kegiatan operasional berlangsung sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya
Penilaian sebagai komponen proses manajerial;
} Merupakan upaya pembandingan antara hasil yang nyata dicapai setelah satu tahap tertentu selesai dikerjakan dengan hasil yang seharusnya dicapai untuk tahap tersebut
Pentingnya umpan balik ;
} Semua informasi yang diperoleh terutama dari hasil penilaian diumpanbalikan kepada berbagai pihak dalam organisasi
0 komentar:
Posting Komentar