Sabtu, 16 Juli 2011

Proses Manajerial/ manajemen


PROSES MANAJERIAL
By Reza Novandri

Organisasi apapun yang dikelola, manajemen selalu terlibat dalam serangkaian proses manajerial yang pada intinya berkisar pada :
q   Penentuan tujuan dan sasaran
q   Perumusan strategi
q   Perencanaan
q   Penentuan program kerja
q   Pengorganisasian
q   Penggerakan sumber daya manusia
q   Pemantauan kegiatan operasional
q   Pengawasan
q   Penilaian
q   Penciptaan dan penggunaan sistem umpan balik
Penentuan Tujuan;
}  Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam penentuan tujuan :
       Tujuan organsasi biasanya ditentukan oleh para pendiri organisasi tersebut dan seluruh kegiatan yang diselenggarakan kemudian diarahkan kepada pencapaian tujuan tersebut
       Semua anggota organisasi diharapkan mau menerima tujuan tersebut sebagai sesuatu yang layak dan pantas untuk dicapai terlepas dari latar belakang, profesi prbadi, dan motivasi dari para anggota orgnisasi tersebut
       Tujuan dipndang sebagai sesuatu yang menjadi bintang penuntun dan sekaligus sebagai titik kulminasi seluruh kegiatan organisasi
}  Tujuan akhir organisasi memiliki empat ciri :
       Jangkauan waktunya jauh kedepan
       Tujuan merupakan suatu kondisi ideal yg diharapkan akan terwujud
       Tujuan dinyatakan secara kualitatif
       Sifat tujuan akhir dirumuskan secara abstrak
Pentahapan pencapaian tujuan;
}  Ciri-cirinya :
       Kurun waktu pencapaian tujuannya ditentukan
       Tidak lagi idealistik tetapi yang mungkin tercapai
       Dinyatakan secara kuantitatif
       Sasaran merupakan target yang kongkret
Perumusan Strategi;
}  Ada beberapa stratifikasi strategi :
       Strategi akbar yang berlaku bagi seluruh organisasi
       Strategi induk bagi satuan-satuan usaha di dalamnya
       Strategi dasar bagi berbagai bidang fungsional dalam organisasi
       Strategi operasional bagi satuan-satuan kerja yang bertanggungjawab untuk menyelenggarakan kegiatan yang sifatnya teknis dan operasional
}  Salah satu instrumen ilmiah yang umum digunakan dalam menentukan dan menetapkan startegi organissi adalah analisis SWOT
       Strengths (kekuatan)
       Weaknesses (kelemahan)
       Opportunities (peluang)
       Threats (ancaman)
Fungsi perencanaan;
}  Perencanaan didefefnisikan sebagai pengambilan keputusan sekarang tentang hal-hal yang akan dilakukan dalam satu kurun waktu tertentu di masa depan
Penyusunan program kerja;
}  Dengan ciri-ciri :
       Lebih bersifat kuantitatif
       Menyatakan secara jelas dan kongkret hasil yang diharapkan
       Standar kerja jelas
       Mutu hasil pekerjaan ditetapkan secara pasti
       Disusun sedemikian rinci sehingga dapat dijadikan pedoman dan pegangan dalam penyelenggaraan kegiatan operasional
Fungsi pengorganisasian;
}  Ada beberapa fungsi :
       Organisasi sebagai wadah
       Organisasi sebagai proses
       Organisasi sebagai regenerasi
       Organisasi sebagai penyaluran bakat dan minat
Penyelenggaraan kegiatan operasional;
}  Merupakan bagian yang sangat penting dari keseluruhan proses manajerial dan bahkan merupakan tes apakah organisasi berjalan di atas ‘rel’ yang benar atau tidak
Pengawasan sebagai proses manajerial;
}  Dilakukan sebagai upaya untuk lebih menjamin bahwa semua kegiatan operasional berlangsung sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya
Penilaian sebagai komponen proses manajerial;
}  Merupakan upaya pembandingan antara hasil yang nyata dicapai setelah satu tahap tertentu selesai dikerjakan dengan hasil yang seharusnya dicapai untuk tahap tersebut
Pentingnya umpan balik ;
}  Semua informasi yang diperoleh terutama dari hasil penilaian diumpanbalikan kepada berbagai pihak dalam organisasi

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts